Yang Hilang pada Perayaan Imlek 2021 di Kelenteng Eng An Kiong

Yang Hilang pada Perayaan Imlek 2021 di Kelenteng Eng An Kiong



Liputan6.com, Malang – Perayaan Imlek 2021 berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Karena itu pula, suasana perayaan Tahun Baru China ini tidak meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Beberapa kegiatan yang biasanya selalu digelar, sekarang ini ditiadakan.

Di Kelenteng Eng An Kiong Malang misalnya, tidak ada pementasan Wayang Potehi maupun atraksi barongsai dalam perayaan Imlek tahun ini. Pengurus kelenteng juga meniadakan kegiatan Lontong Cap Go Meh yang biasanya rutin digelar saat imlek.

Perwakilan Pengurus Kelenteng Eng An Kiong, Prabowono mengatakan, jumlah warga yang datang untuk beribadah dibatasi hanya sebanyak 30 orang saja. Sebab bila tidak, bisa sampai 100-200 orang yang datang ke kelenteng.

“Tentu tidak meriah seperti sebelumnya. Mereka yang datang ke kelenteng sebelumnya sudah didata lebih dulu,” kata Prabowono di Malang, Jumat, 12 Februari 2021.

Warga diimbau untuk beribadah di rumah saja atau dapat pula beribadah secara virtual. Namun, pengurus tak bisa menolak bila ada warga berusia lanjut dan fanatik tetap memaksa datang langsung ke kelenteng.

“Kami tak berani menolak kedatangan yang tua-tua itu, tapi harus tetap sesuai protokol kesehatan,” ucap Prabowono.

Suasana kelenteng saat perayaan imlek tahun ini benar-benar lengang, tak ada hilir mudik umat berdoa di depan altar. Petugas keamanan kelenteng berjaga di depan pintu gerbang yang hanya dibuka satu sisi saja. Prosesi sembahyang hanya berlangsung sekitar 30 menit saja.



Source link

Leave a Reply