Waspadai Pandemic Fatigue, Berpotensi Gagalkan Penanggulangan Covid-19

Waspadai Pandemic Fatigue, Berpotensi Gagalkan Penanggulangan Covid-19



Profesor Departemen Ilmu Psikiatri dan Perilaku Universitas California, Elissa Epel, mengatakan, munculnya pandemic fatigue adalah respon yang normal.

“Itu adalah respons normal terhadap apa yang terjadi,” ungkapnya.

Epel menyebutkan, ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya pandemic fatigue. Misalnya, karena dampak pandemi yang menyebabkan orang yang bersangkutan kehilangan pekerjaan atau mereka yang mengalami tekanan finansial.

Kelelahan karena pandemi juga dapat terjadi saat orang bosan mengikuti langkah-langkah pencegahan pandemi dan cenderung tidak mengikuti protokol kesehatan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dia memahami kesulitan yang dihadapi orang-orang. Ia pun menekankan, setiap orang harus tetap waspada, apalagi di beberapa negara yang dulunya membaik kini kasusnya meningkat lagi.

“Bekerja dari rumah, anak-anak disekolahkan dari jarak jauh, tidak dapat merayakan momen spesial bersama teman dan keluarga. Atau tidak berada di sana untuk bersama orang yang dicintai, itu sulit. Dan, kelelahan akibat Covid-19, itu nyata,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.



Source link

Leave a Reply