Video Dispenser Keluarkan Asap yang Viral Ternyata Hoaks?

Video Dispenser Keluarkan Asap yang Viral Ternyata Hoaks?



Liputan6.com, Jakarta – Sebuah video memperlihatkan asap keluar dari dispenser viral di media sosial, belum lama ini. Mengutip laman Says, Kamis (8/10/2020), rekam gambar tersebut pertama kali muncul awal September di tengah gangguan air yang memengaruhi tujuh distrik di Klang Valley, Malaysia.

Menyedot ribuan views, video tersebut menunjukkan dispenser air di atas meja yang mengeluarkan asap putih. Penyebaran rekam gambar ini acap kali dilekatkan dengan pesan untuk mencabut dispenser dari sumber listrik untuk menghentikan panas berlebih.

Banyak juga warganet membagikan pernyataan yang tampaknya dikeluarkan Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia (JBPM). “Informasi keselamatan masyarakat. Matikan sumber listrik pada dispenser selama air tak disuplai (atau saat keluar rumah).”

“Pada semua pengguna dispenser air merek apa pun yang menggunakan listrik, disarankan mematikan dispenser, apalagi saat tak ada orang di rumah,” sambung pernyataan tersebut.

“Ini karena pemanas air akan terus berjalan tanpa suplai air. Mesin akan terbebani daya pompa yang terus berfungsi tanpa suplai air dan akan menyebabkan panas berlebih sehingga menimbulkan kebakaran. Tindakan dini bisa menyelamatkan harta benda dan nyawa Anda,” tandas imbauan tersebut

Pernyataan tersebut bahkan dibagikan Fire and Rescue Station Tanjong Karang di Facebook. Di tengah masalah air, baru-baru ini, video tersebut muncul kembali. Tapi, apakah betul video dispenser mengeluarkan asap tersebut berada di situasi sesuai narasi?

Coway Malaysia, merek dispenser air di video, dan JBPM telah membantah video viral tersebut dan mengatakan keasliannya belum terverifikasi.



Source link

Leave a Reply