Vaksin COVID-19 yang Disiapkan Cukup untuk 9,1 Juta Orang

Vaksin COVID-19 yang Disiapkan Cukup untuk 9,1 Juta Orang



Jakarta

Kementerian Kesehatan RI mengungkap total dosis vaksin COVID-19 di Indonesia yang disiapkan cukup untuk 9,1 juta orang. Total 9,1 juta orang menerima dosis vaksin COVID-19 yang berasal dari Sinovac, Sinopharm, dan Cansino.

dr Achmad Yurianto menjelaskan vaksin COVID-19 Sinovac dan Sinopharm merupakan vaksin dengan pemberian dua kali dosis. Vaksin Sinovac yang disiapkan di bulan November sebanyak 1,5 juta dosis dan Desember juga rencananya didatangkan 1,5 juta dosis.

“Dua kali pengiriman bisa untuk 1,5 juta orang,” tegas dr Achmad Yurianto dalam konferensi pers Update COVID-19, Senin (19/10/2020).

dr Yuri menjelaskan, karena pemberian vaksin COVID-19 Sinovac dan Sinopharm harus dua kali suntik, seseorang yang diberi vaksin nantinya disuntik kedua kalinya usai 14 hari.

“Sinopharm sudah memberikan komitmen Desember kirim 15 juta dosis. Artinya kalau penyuntikan dua kali bisa digunakan untuk 7,5 juta orang,” lanjut dr Yuri.

Sementara vaksin Cansino disebut siap menyediakan 100 ribu dosis, tetapi pemberian vaksin tersebut ketentuannya hanya satu dosis. Maka dari itu, ada sebanyak 9,1 juta orang yang bisa divaksin COVID-19.

Namun, pemberian vaksin COVID-19 diprioritaskan pada tenaga kesehatan dan pelayanan publik.

Simak Video “Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)




Source link

Leave a Reply