Uniknya Desa Wisata Candirejo Penghasil Kerajinan Tangan Batu Alam

Uniknya Desa Wisata Candirejo Penghasil Kerajinan Tangan Batu Alam


VIVA – Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setelah sukses diselenggarakan di Desa Wisata Pujon Kulon Malang, Desa Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan. Tak cuma itu, Desa Candirejo Magelang juga turut serta. Di desa Candirejo Magelang ini juga menyelenggarakan acara “Sosialisi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” dengan tema “Indonesia Bangkit”.

Desa Candirejo, Kabupaten Magelang dipilih dalam kegiatan sossialisasi ini karena Desa Candirejo merupakan salah satu dari 16 desa terpilih yang menerima sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif. Desa Candirejo sebagai desa wisata pertama dari Kabupaten Magelang yang tersertifikasi. 

Desa wisata Candirejo sesuai dengan namanya, yang berarti tanah penuh dengan batu namun tetap subur, sehingga menghasil kerajinan tangan dari batu alam (ulekan, cobek, stupa hiasan). 

Candirejo dikenal juga sebagai simbol budaya jawa, mengunggulkan atraksi budaya seni tari jatilan, seni musik gamelan, hingga olahan kuliner berbahan dasar tempe yang sedang diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.



Source link

Leave a Reply