Tips Aman Hindari Transmisi COVID-19 di Dalam Mobil

Tips Aman Hindari Transmisi COVID-19 di Dalam Mobil


VIVA – Berkendara dengan mobil perlu berhati-hati agar tak tertular COVID-19. Hal ini dikarenakan mobil merupakan salah satu tempat berisiko terjadinya transmisi COVID-19.

Menurut dr. Citra Cesilia, Sp.A, berkendara dengan mobil pribadi adalah pilihan terbaik. Meski demikian, tidak semua orang memiliki mobil pribadi.

Banyak juga pengguna taksi online sehingga penumpang harus memperhatikan beberapa tips agar terhindar dari COVID-19 di dalam mobil. Langkah ini diungkapkan oleh dr. Citra Cesilia lewat akun Instagram pribadinya.

“Pastikan kita menjalani protokol kesehatan 3M (menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan) sebelum-selama-setelah bepergian. Buka semua jendela sebesar 3 inch, duduk bersilangan antara driver dan penumpang, mengurangi kontak dan interaksi, menghindari menyentuh permukaan kabin,” tulis dr. Citra Cesilia.

Baca juga: Cegah Corona Anak Lebih Nyaman Pakai Face Shield? Cek Seberapa Efektif

Itulah beberapa tips yang disarankan agar virus tidak terbawa oleh seseorang ke rumah. Tentunya siapa saja bisa menerapkan tips di atas.

Selain itu, dr. Citra Cesilia juga menjelaskan bagaimana virus bisa bertransmisi dalam mobil. Hal ini dikarenakan ruangan yang sempit dan ventilasi tertutup. Sehingga risiko kuman patogen lebih lama bertahan di udara.

Kemudian, mobil/taksi online digunakan secara bersama dan bergantian orang. Tentunya beberapa bagian berkali-kali dipegang atau disentuh dengan orang yang berbeda seperti stir, persneling, gagang pintu dan lainnya. Itulah yang meningkatkan transmisi virus.

Lebih lanjut dr. Citra Cesilia juga memamerkan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa berkendara dalam mobil selama minimal 15 menit, dapat meningkatkan disposisi virus didalam kabin yang bisa bertahan hingga tiga jam.

Selain itu, dalam mobil harus tersedia hand sanitizer. Penggunaan air purifier meski tidak efektif mencegah COVID-19 namun dapat mengurangi partikel debu dan polusi.

Lebih penting lagi selalu membersihkan bagian mobil yang sering dipegang atau disentuh.

Jika harus berkendara dengan orang lain, usahakan bersama orang yang serumah dalam kondisi sehat. Pastikan untuk selalu merencanakan perjalanan agar waktunya efektif.



Source link

Leave a Reply