Terungkap, Ini Konsep Hunian Impian Bung Karno Paska Indonesia Merdeka

Terungkap, Ini Konsep Hunian Impian Bung Karno Paska Indonesia Merdeka


VIVA – Bung Karno membayangkan ketika Indonesia telah lepas dari penjajahan, beliau berpikir bagaimana caranya membuat rakyat Indonesia merasa bahagia, nyaman dan tenteram. Salah satunya memiliki tempat hunian yang nyaman untuk ditinggali. Hal ini tergambar pada bagaimana seorang Bung Karno merumuskan sebuah konsep hunian yang akan membuat penghuninya merasa bahagia.

Sebuah kondisi nyaman dalam rumah akan mempengaruhi perilaku manusia dan memberikan pengaruh secara psikologis bagi penghuninya. Dengan kata lain, rumah yang nyaman adalah rumah yang mampu mengakomodir kebutuhan psikis penghuninya.

Meskipun preferensi setiap orang akan kenyamanan sangat beragam, ada hal hal umum yang secara psikologis dapat membantu terciptanya kenyamanan dalam sebuah permukiman.

Hal ini diungkapkan oleh Ir. Bambang Eryudhawan, yang merupakan seorang arsitek dan ahli tata kota pada Episode 11 Talkshow & Musik ‘Bung Karno Series’ persembahan Badan kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, Jumat, 11 Juni 2021.

“Bung Karno punya rumus ‘5 P’ dalam membahagiakan rakyatnya. Yakni bahagia dari sisi ‘perut’, ‘pakaian’, ‘perumahan’, ‘pengetahuan’, maupun ‘pergaulan’,” jelas Yudha, apaan akrab anggota Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta  ini.

Penggerak isu disabilitas pada bangunan gedung itu melanjutkan, konsep rumah atau permukiman yang ideal tidak berhenti di sini. Ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu unsur kebahagiaan. Meskipun kelima aspek tadi sudah terpenuhi, tapi tidak bisa membuat bahagia masyarakat yang meninggalinya, maka itu tidak termasuk pemukiman yang ideal.

“Apalah artinya sebuah kebutuhan material yang tadi terpenuhi kalau pemukiman itu tidak bisa membahagiakan,” lanjut pria yang juga menjabat Ketua Tim Sidang Pemugaran DKI Jakarta ini.



Source link

Leave a Reply