Tembok Pabrik Khong Guan Roboh karena Hujan Timpa Rumah Warga

Tembok Pabrik Khong Guan Roboh karena Hujan Timpa Rumah Warga


VIVA – Curah hujan yang tinggi di wilayah DKI Jakarta pada Sabtu sore hingga malam hari mengakibatkan tembok pabrik biskuit Khong Guan di Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur roboh. Reruntuhan tembok pabrik Khong Guan tersebut menimpa rumah warga di RW 08 kelurahan Ciracas yang letaknya berada di belakang pabrik tersebut.

Ketua RW 08 Herman mengatakan, kejadian robohnya tembok pabrik Khong Guan tersebut sudah yang kedua kalinya.

“Ini udah yang kedua kalinya sebelumnya tahun 2012 juga udah pernah. Tadi berawal dari hujan lebat, tembok tersebut tidak kuat menahan debit air sehingga robohkan rumah warga,” kata Herman, Sabtu 10 Oktober 2020.

Baca juga: Longsor Ciganjur Makan Korban Jiwa, Wagub DKI Turun ke Lokasi

Reruntuhan tembok pabrik Khong Guan tersebut selain menimpa rumah warga juga mengakibatkan air yang menggenangi pabrik tersebut keluar dan mulai merendam rumah warga. Akibatnya, sebanyak 5 kendaraan roda dua milik warga hanyut terbawa air. 

“Airnya berangsur-angsur dulu setelah itu ketika hujan gede temboknya langsung roboh, air yang dari dalam pabrik keluar. Pas kita lihat (dalam pabrik) memang saluran drainase airnya kecil sekali mungkin menampung air sebanyak itu,” kata dia.

Herman juga menjelaskan bahwa sebanyak 200 KK terdampak dari runtuhnya tembok pabrik tersebut. Warga yang terdampak karena itu terpaksa mengungsi ke musala terdekat.
 



Source link

Leave a Reply