Survei: 71% Warga AS Yakin Donald Trump Jadi Dalang Kerusuhan Capitol Hill

Survei: 71% Warga AS Yakin Donald Trump Jadi Dalang Kerusuhan Capitol Hill



Liputan6.com, London – Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump telah bebas dari pemakzulan keduanya. Trump dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan menghasut kekerasan terhadap pemerintah AS, setelah para pendukungnya menyerbu Kongres pada 6 Januari, karena mereka marah sehubungan tuduhan Trump bahwa Joe Biden mencuri hasil pemilu.

Sebanyak 57 senator memilih untuk menyatakan ia bersalah, termasuk tujuh dari partainya sendiri, Partai Republik. Namun, masih kurang dari 67 suara yang dibutuhkan untuk menjatuhkan hukuman terhadap Trump.

Partai Republik dan Demokrat menghadapi tantangan masing-masing pada masa pasca-Trump.

Mengutip VOA Indonesia, Senin (15/2/2021), Demokrat mengatakan tanggung jawab Trump atas terjadinya kerusuhan itu sudah jelas. Tujuh senator Republik setuju, tetapi yang lain mengatakan tidak cukup bukti.

Jajak pendapat kantor berita Reuters/Ipsos menunjukkan, 71% orang dewasa AS dan setengah dari Partai Republik, yakin Trump bertanggung jawab sebagian atas kerusuhan itu.

Seperti pria bernama Zach ini yang mendukung pemakzulan. “Semua yang dilakukannya adalah berusaha merusak sistem pemungutan suara yang sangat rapuh yang kita miliki,” ujarnya.

Seorang pendukung Trump, Shell Reinish mengatakan, Kongres hanya membuang-buang waktu saja. “Pemakzulan hanyalah untuk seorang presiden yang sedang menjabat. Trump tidak menjabat lagi sebagai presiden.”



Source link

Leave a Reply