Seutas Tali yang Bisa Mencegah Kera-Kera di China Ini Punah

Seutas Tali yang Bisa Mencegah Kera-Kera di China Ini Punah



Sebuah program konservasi yang dijalankan oleh Kadoorie Farm and Botanic Garden di Hong Kong mencoba menyelamatkan spesies tersebut dari kepunahan.

Salah satu ilmuwan di sana, Dr. Bosco Chan mengatakan bahwa jembatan tali harus membantu meningkatkan jumlah sebagai bagian dari berbagai upaya konservasi. 

“Ketika kami mulai bekerja di cagar alam itu pada tahun 2003, kami hanya dapat menemukan dua kelompok dengan total 13 kera. Namun sekarang, populasi gibbon atau owa telah berangsur-angsur pulih, dengan terbentuknya kelompok keluarga ketiga dan keempat pada tahun 2011 dan 2015,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa pada awal tahun 2020, populasi kera telah meningkat kembali. Ini menunjukkan bahwa spesies tersebut perlahan pulih dan memiliki harapan untuk tetap lestari.

Hampir 20 spesies gibbon atau owa di seluruh dunia terancam punah, termasuk gibbon atau owa Hainan (Nomascus hainanus), diklasifikasikan sebagai Sangat Terancam Punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Oleh karena itu, menurutnya reboisasi harus menjadi prioritas dalam mencegah kepunahan spesies. Selain itu, pengendalian perburuan dan memperluas habitat kera juga menjadi solusi untuk melindungi mereka dari kepunahan.

 

Reporter: Ruben Irwandi



Source link

Leave a Reply