Satgas Beri Ilmu Penanganan Virus Corona Covid-19 Agar Tidak Termakan Hoaks Vaksin

Satgas Beri Ilmu Penanganan Virus Corona Covid-19 Agar Tidak Termakan Hoaks Vaksin



Liputan6.com, Jakarta – Satgas penanganan covid-19 memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memerangi pandemi. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, menjelaskan beberapa istilah medis hingga gerakan pemerintah menekan penularan covid-19 di Indonesia.

“Masyarakat perlu mengetahui beberapa istilah terkait vaksinasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman informasi,” ujarnya dalam keterangan pers yang disampaikan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/10/2020).

Langkah pertama pemerintah dalam menghentikan covid-19, kata Wiku, adalah vaksin. Vaksin merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh manusia (imunitas). Dan akan melindungi manusia dari penyakit yang sedang mewabah, dalam hal ini pandemi Covid-19.

“Apa itu vaksinasi? Suatu prosedur untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh, untuk menstimulasi sistem imun tubuh dan akhirnya bisa memproduksi imunitas terhadap suatu penyakit,” ujar Wiku, dikutip dari situs covid-19.go.id.

Upaya pemerintah selanjutnya, yakni imunisasi adalah suatu proses yang membuat tubuh manusia terlindung dari suatu penyakit melalui proses vaksinasi tersebut. Terakhir, istilah imunitas, yaitu kemampuan kekebalan tubuh memerangi suatu penyakit, termasuk covid-19.

“Dengan demikian, apabila terjadi imunisasi, akan terbentuk imunitas dan akhirnya kita bisa terlindungi,” kata Wiku.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.



Source link

Leave a Reply