Ragam Kuliner Lontong di Surabaya yang Bakal Manjakan Lidah

Ragam Kuliner Lontong di Surabaya yang Bakal Manjakan Lidah



Buat para pecinta kikil pasti akan suka dengan hidangan kuliner yang satu ini. Yaitu lontong kikil, merupakan satu dari banyaknya menu makanan yang menjadi favorit warga Surabaya yang berasal dari olahan kikil. 

Makanan ini terdiri dari lontong, irisan kikil kaki sapi lembut dengan kuah yang sedikit kental serta gurih pedas dan sambal kemiri. Biasanya juga ditaburi dengan irisan daun kucai yang jumlahnya melimpah. 

Bahkan terkadang juga ada yang menyajikan tulang sapi. Kuah dari lontong kikil agak kental karena kaki sapi banyak mengandung kolagen dimana kolagen ini akan mencair ketika dipanaskan dan akan menjadi seperti gel jika dibiarkan dingin.

Lontong Kupang

Lontong kupang banyak ditemukan di kawasan Surabaya, Jawa Timur. Terbuat dari kupang putih yang berukuran sangat kecil dengan rasa seperti kerang. Karena kupang ialah kerang yang memiliki ukuran kecil, seperti biji beras dan banyak hidup di pesisir laut selatan di Jawa Timur.

Sesuai namanya, makanan ini disajikan dengan lontong, petis, kremesan lentho, dan sate kerang kemudian disiram dengan bumbu petis. Lentho merupakan gorengan berbahan dasar singkong.

Biasanya sembari menyantap lontong kupang didampingi dengan minuman berupa air kelapa muda. Alasannya adalah kupang bisa memunculkan alergi sehingga air kelapa diklaim dapat berfungsi sebagai penawar jika terjadi alergi.



Source link

Leave a Reply