PPDB di DKI Diharapkan Berjalan Lancar

PPDB di DKI Diharapkan Berjalan Lancar


VIVA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta dimulai hari ini, Senin, 7 Juni 2021. PPDB diharapkan dapat berjalan lancar.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, menyampaikan Pemprov DKI Jakarta berkomitmen mewujudkan kesetaraan kesempatan pendidikan bagi warga Ibu Kota dari seluruh latar belakang untuk mendapat pendidikan berkualitas. 

Nahdiana mengutarakan di DKI Jakarta terdapat satuan pendidikan anak usia dini negeri (SPAUDN) sebanyak 113, sekolah dasar negeri (SDN) sebanyak 1.322, sekolah menengah pertama negeri (SMPN) sebanyak 292, sekolah menengah atas negeri (SMAN) sebanyak 115. 

Kemudian, sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) sebanyak 73, sekolah luar biasa negeri (SLB) sebanyak 13, dan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sebanyak 39. 

Adapun total daya tampung untuk SMP negeri dibandingkan dengan lulusan dari SD negeri dan swasta serta madrasah hanya dapat menampung 47,33% peserta didik, sedangkan total daya tampung SMA negeri dan SMK negeri dibandingkan dengan lulusan dari SMP negeri dan swasta serta Madrasah hanya dapat menerima 33,66% peserta didik. 

“Dengan daya tampung yang terbatas dan sebaran sekolah yang tidak merata, di mana terdapat 168 kelurahan tidak memiliki SMA negeri dan 86 kelurahan tidak memiliki SMP negeri, maka harus diterapkan berbagai seleksi PPDB,” kata Nahdiana di Jakarta. 

Sejauh ini, kata dia, Dinas Pendidikan telah melakukan persiapan untuk membentuk aturan PPDB yang paling sesuai dengan melakukan kegiatan uji publik agar mendapatkan masukan dari para pakar, praktisi, birokrat, akademisi dan stakeholder pendidikan serta perwakilan orangtua dalam penyusunan kebijakan PPDB Tahun 2021/2022. 



Source link

Leave a Reply