Portugal Siap Resmikan Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Portugal Siap Resmikan Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia



Liputan6.com, Jakarta –  Portugal dalam waktu dekat ini akan punya atraksi wisata baru yang unik, menarik, sekaligus menegangkan. Tempat wisata berupa jembatan gantung tersebut memungkinkan pengunjung berjalan kaki melintasi jembatan dengan alas transparan sepanjang 516 meter.

Dilansir The Sun, Kamis, 15 Oktober 2020, tinggi jembatan tersebut sekitar 171 meter di atas permukaan tanah. Dinamai 516 Arouca, jembatan gantung pejalan kaki ini diklaim jadi yang terpanjang di dunia.

516 Arouca disebut telah mengalahkan Jembatan Gantung Charles Kuonen di Swis, yang membentang sepanjang 498 meter dan dibuka pada 2017. Menghubungkan Air Terjun Aguieiras dan Ngarai Paiva, 516 Arouca awalnya akan dibuka untuk umum pada akhir Oktober 2020. Namun, pandemi membuat peresmian diundur tahun depan dan belum ditentukan tanggal pastinya.

Jembatan 516 Arouca dirancang oleh studio arsitektur Itecons. Jembatan ini memiliki desain ramping, tapi kokoh dengan kabel baja dan kisi logam. Pembangunan konstruksi jembatan telah dikerjakan sejak 2016.

Setelah tiga tahun bekerja, terjadi perubahan lokasi karena masalah geologi yang tak terduga dan kesulitan terkait konstruksi. 516 Arouca akhirnya rampung di pertengahan tahun ini.

Jembatan itu terletak sekitar satu jam berkendara dari Porto, atau tepatnya berada di Arouca Geopark yang masuk dalam Jaringan Geoparks Global UNESCO. Di samping jalur pejalan kaki, terdapat Paiva Walkways, yakni jalur kayu yang melintasi lembah.

Jembatan ini digantung di antara dua menara beton berbentuk V di kedua sisinya. Jembatan gantung ini dibangun dengan dek lebih menurun, bukan dengan gaya dek yang datar.



Source link

Leave a Reply