Polri Bentuk Tim Khusus Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal Penembakan Laskar FPI

Polri Bentuk Tim Khusus Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal Penembakan Laskar FPI



Liputan6.com, Jakarta Polri langsung membentuk tim khusus untuk menindaklanjuti temuan dan rekomendasi dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait kasus penembakan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, tim tersebut terdiri dari penyidik Bareskrim Polri, Divisi Hukum Polri, dan Divisi Propam Polri. Keseluruhannya akan menyelidiki dugaan pelanggaran HAM salam kasus tersebut.

“Kapolri Jenderal Idham Azis merespon dengan menginstruksikan membentuk tim khusus untuk menindaklanjuti temuan dari Komnas HAM,” tutur Argo dalam keterangannya, Sabtu (9/1/2021).

Argo memastikan tim khusus akan bekerja secara profesional dan transparan dalam mengusut temuan Komnas HAM.

“Tentunya tim khusus ini akan bekerja maksimal, profesional, dan terbuka dalam mengusut oknum anggota polisi terkait kasus itu,” jelas dia.

Komnas HAM sendiri mengungkap hasil dari temuan itu salah satunya memang ada peristiwa baku tembak antara laskar FPI dengan kepolisian. Dari situ, didapati bahwa memang ada penggunaan senjata api oleh laskar FPI.

“Menurut Komnas HAM penembakan yang dilakukan oleh Polri dilakukan oleh petugas lapangan dan tanpa perintah atasan sehingga Komnas HAM merekomendasikan dibawa ke peradilan pidana sesuai UU No. 39 tahun 1999 bukan ke Pengadilan HAM menurut UU No 26 tahun 2000,” Argo menandaskan.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Mohammad Choirul Anam menyampaikan, pihaknya menemukan sejumlah poin yang berbuntut pada kesimpulan adanya pelanggaran HAM dalam kasus penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

“Bahwa terjadinya pembuntutan terhadap MRS (Rizieq Shihab) oleh Polda Metro Jaya merupakan bagian dari penyelidikan kasus pelanggaran terhadap protokol kesehatan yang diduga dilakukan oleh MRS,” tutur Choirul di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.



Source link

Leave a Reply