Polisi Masih Evaluasi Kasus Kerumunan Acara Rizieq Shihab

Polisi Masih Evaluasi Kasus Kerumunan Acara Rizieq Shihab



Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, panggilan klarifikasi yang dilayangkan kepada sejumlah pihak dalam proses penyelidikan kasus acara kerumunan yang melibatkan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, sebaiknya dimanfaatkan dengan baik.

“Klarifikasi kan sifatnya undangan. Orang yang dikirim undangan nggak hadir ya rugi sendiri. Karena itu kesempatan menyampaikan apa yang mereka alami, rasakan, lihat, jangan sampai ya mohon maaf yang bersangkutan rugi sendiri,” tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2020).

Menurut Awi, pemeriksaan dengan agenda klarifikasi oleh penyidik dimaksudkan demi mengumpulkan alat bukti yang cukup. Jika nantinya dinaikkan dari penyelidikan ke penyidikan, urusannya akan lebih terikat aturan hukum.

“Setelah kalau ini tadi bukti permulaan cukup, dinaikkan, kalau tidak ya dihentikan. Kalau penyidikan kan ada panggilan-panggilan. Nanti dipanggil lagi. Sangat memungkinkan yang dijadwalkan klarifikasi itu untuk dipanggil selanjutnya. Kalau sudah masuk penyidikan sudah kita pakai KUHAP, kalau dipanggil sekali, dua kali, tidak hadir ya kita tiga kali sudah perintah membawa, sudah tegas,” kata Awi.



Source link

Leave a Reply