Pertamina Bangun 500 Ribu Jaringan Gas Rumah Tangga di 2021

Pertamina Bangun 500 Ribu Jaringan Gas Rumah Tangga di 2021



Liputan6.com, Jakarta – PT Pertamina (Pertamina) fokus membangun jaringan gas rumah tangga di 2021. Langkah ini dijalankan agar terjadi penurunan penggunaan LPG dan impor. Targetnya, jaringan gas yang dibangun di 2021 mencapai 500 ribu untuk semua rumah tangga di 24 kota.

“Untuk gas dan LNG, kita fokus ke jaringan gas agar bisa menurunkan penggunaan PLG dan impor,” kata  Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR-RI, Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Dari 500 ribu jaringan gas yang dibangun, hanya 130 ribu jaringan rumah tangga yang menggunakan APBN. Sedangkan sisanya sebanyak 369 ribu merupakan jaringan gas mandiri.

“Dari APBN sebanyak 130 ribu sambungan rumah tangga dan non APBN sisanya yaitu 369 ribu sambungan rumah tangga,” kata Nicke.

Pembangunan jaringan gas ini akan dilakukan oleh sub holding PGN dan Pertagas bersama timnya. Selain itu, Pertamina tahu ini sedang membangun 4 terminal LPG di Indonesia Timur.

“Kita sedang membangun 4 terminal LPG yang dapat diselesaikan tahun ini di Indonesia Timur,” kata Nicke.

Sehingga untuk BBM, Pertamina memiliki 14 tangki yang dibangun. Sebanyak 12 diantaranya sudah selesai. Sisanya, 2 tangki lagi akan selesai di tahun ini.

“Yang 2 tangki ini kita selesaikan tahun ini di Waingapu dan Maumere,” kata dia.

Dengan begitu, kata Nicke infrastruktur BBM dan LPG di Indonesia Timur bisa selesai di tahun 2021. “Kita percepat penyelesaiannya untuk segera dipakai di Indonesia Timur,” kata Nicke mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com



Source link

Leave a Reply