Perbedaan Tujuan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal, Jangan Sampai Tertukar

Perbedaan Tujuan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal, Jangan Sampai Tertukar



Sedangkan komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Meski sering diabaikan, namun sebenarnya komunikasi intrapersonal memiliki banyak tujuan dan manfaat. Berikut ini merupakan tujuan komunikasi intrapersonal antara lain:

Kesadaran diri. Komunikasi intrapersonal memungkinkan orang untuk menyadari setiap aspek kepribadian mereka sendiri. Dengan introspeksi, orang akan menjadi sadar akan kualitas yang membantu membentuk kepribadiannya yang pada gilirannya membuatnya sadar akan motivasi, aspirasi, dan harapannya kepada dunia. Jika pemahaman diri seseorang mutlak, akan membantu mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhannya kepada orang lain dengan mudah.

Rasa percaya diri. Dengan berkomunikasi intrapersonal diyakini bahwa seseorang bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri dan rasa aman.

Manajemen diri. Dengan melakukan komunikasi intrapersonal seseorang bisa melengkapi dirinya untuk mengelola urusan sehari-hari secara efisien dengan menggunakan kekuatannya secara maksimal yang pada gilirannya mengkompensasi kelemahannya.

Motivasi diri. Selain untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan manajemen diri, komunikasi intrapersonal juga bertujuan untuk mengetahui tentang apa yang seseorang inginkan dari kehidupan dan memungkinkan orang tersebut berusaha mencapai tujuan dan sasaran tersebut sambil terus memotivasi diri mereka sendiri.

Terfokus. Kualitas motivasi diri dan manajemen diri akan membantu mengembangkan konsentrasi yang lebih dalam mengarahkan fokusnya pada tugas yang ada.

Kemampuan beradaptasi. Orang akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya karena pengetahuan tentang kualitasnya sendiri memungkinkannya untuk percaya diri dan dengan tenang mengambil keputusan dan mengubah pendekatannya sesuai dengan respon terhadap stimulus situasional.



Source link

Leave a Reply