Perayaan Imlek, Anies Ajak Masyarakat Kuatkan Persatuan

Perayaan Imlek, Anies Ajak Masyarakat Kuatkan Persatuan



Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya persatuan dalam perayaan Imlek 2572 Kongzili. Menurut dia, Imlek kerap mengajarkan pentingnya persatuan di dalam menghadapi berbagai ujian.

“Apalagi bersamaan dengan itu kita dalam suasana duka atas cobaan bencana yang menimpa saudara-saudara kita di berbagai wilayah Indonesia. Tapi kita perlu ingat bahwa dalam sejarahnya Imlek itu memberikan hikmah tentang pentingnya persatuan dalam menghadapi semua masalah,” kata Anies dalam perayaan Imlek 2572 Kongzili secara daring, Minggu (14/2/2021).

Anies menguraikan sebuah kisah China soal Imlek. Di mana kisah itu memuat pesan bahwa dengan kebersamaan sekelompok masyarakat desa dapat mengusir raksasa yang sering mengganggu desa itu. 

“Kisah klasik ini banyak hikmahnya dan  relevan dengan situasi kita sekarang, saat ini kita berhadapan dengan pandemi, ada bencana alam dan ini justru harus menjadi kesempatan untuk mengukuhkan rasa persatuan dan memupuk optimisme kita,” ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga sempat menyitir pepatah China kuno yang mengajarkan mengenai kesempatan untuk orang yang optimis dalam menghadapi kesulitan. Karena itu, Anies mengajak masyarakat untuk menggunakan kacamata optimisme dalam melihat pandemi Covid-19 ini.

“Untuk mencari kesempatan, untuk mencari peluang agar kita bisa kembali kuat, kembali bangkit dalam suasana persatuan, dalam suasana persaudaraan salang menopang saling memupuk optimisme,” tegas Anies Baswedan.

 

 



Source link

Leave a Reply