Pengguna Internet di Asia Tenggara Naik 4 Kali Lipat Akibat Pandemi Covid-19

Pengguna Internet di Asia Tenggara Naik 4 Kali Lipat Akibat Pandemi Covid-19



Liputan6.com, Jakarta – Pandemi Covid-19 ternyata membawa dampak besar untuk ekonomi maupun layanan digital berbasis internet di Asia Tenggara. Pernyataan itu merupakan bagian dari laporan terbaru Google, Temasek, dan Bain & Company.

Berdasarkan laporan berjudul “At Full Velocity: Resilient and Racing Ahead” tersebut, pandemi Covid-19 disebut telah membuat penggunaan internet di wilayah Asia Tenggara semakin besar, bahkan dari yang pernah terjadi sebelumnya.

Dikutip dari blog resmi Google, Rabu (11/11/2020), sejak awal tahun ini ada sekitar 40 juta orang di Asia Tenggara yang terhubung ke internet untuk pertama kali. Jumlah pengguna internet ini jauh meningkat (naik empat kali lipat) dari 2019 yang hanya 10 juta orang.

Laporan itu juga menunjukkan teknologi memegang peranan vital selama pandemi ini berlangsung Asia Tenggara. Lonjakan jumlah pengguna layanan berbasis teknologi internet juga meningkat di sejumlah sektor hingga 30 persen, terutama di edukasi, bahan makanan, dan pinjaman.

“Delapan dari 10 orang di wilayah ini mengatakan teknologi membantu mereka menghadapi virus ini, dan ada banyak alasan mereka menggunakan internet,” ujar VP Google Southeast Asia, Stephanie Davis menjelaskan laporan ini.

Laporan ini juga mencatat lebih dari satu konsumen di setiap tiga layanan digital mulai menggunakan layanan berbasis internet baru di masa pandemi ini. Para konsumen itu juga menyatakan berencana untuk menggunakan setidaknya satu layanan digital tersebut usai pandemi.

Kondisi pandemi juga membuat permintaan dan akses ke layanan digital meningkat di sejumlah kota besar di Asia Tenggara. Bahkan di Indonesia, Malaysia, dan Filipina, lebih dari setengah orang yang baru menjajal layanan digital berasal dari wilayah non-metropolitan.

“Ini merupakan kemajuan yang menggembirakan, mengingat kesenjangan digital antara perkotaan-pedesaan merupakan salah satu tantangan yang disorot dalam laporan ini selama beberapa tahun terakhir,” ujar Stephanie melanjutkan.



Source link

Leave a Reply