Pengertian Internet, Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Kelemahannya

Pengertian Internet, Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Kelemahannya


Liputan6.com, Jakarta Pada zaman yang serba modern ini, penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan bagi tiap orang di seluruh belahan dunia. Sebt saja komunikasi, mengerjakaan tugas, hingga transaksi keuangan. Hampir semua kegiatan tesebut memerlukan internet

Namun, apa sebenarnya pengertian internet? Pengertian internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang global dan terbuka. Jaringan komunikasi tersebut akan menghubungkan jaringan komputer ke beragam tipe serta jenis. Maka tidak heran, jika internet sangat berperan besar untuk memudahkan manusia berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu.

Untuk mengulas lebih dalam mengenai apa sebenarnya pengertian internet dari para ahli, sejarah, hingga kelemahan internet itu sendiri, berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (12/2/2021).

Sejarah Internet

Ilustrasi jaringan internet. Kredit: Pete Linforth via Pixabay
Ilustrasi jaringan internet. Kredit: Pete Linforth via Pixabay

Sebelum lebih jauh memahami apa saja pengertian internet, penting juga untuk memahami sejarah dari terciptanya internet itu sendiri. Pada awalnya internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tepatnya pada tahun 1969. Internet dikerjakan pada proyek ARPA. Kemudian, dengan adanya proyek tersebut ARPA sering disebut ARPANET. ARPANET sendiri awalnya digunakan dengan tujuan kepentingan militer. Kepentingan militer ini kemudian menghubungkan 4 situs yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

Selanjutnya, ada tujuan dibalik ARPA yang menyambung 4 situs. Tujuannya adalah untuk upaya komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga. Selanjutnya, dengan tujuan komunikasi di tempat yang berbeda itulah hingga pada akhirnya internet dikembangkan secara meluas hingga seperti saat ini. Bahkan, dengan internet sudah dapat menghubungkan dunia secara global. Dengan kata lain, internet yang pada awalnya sebagai keperluan militer, justru saat ini menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas.

Bayangkan saja jika dunia tanpa internet, sudah pasti komunikasi global akan terputus. Dengan putusnya komunikasi global tentu bisa membuat kondisi tiap belahan dunia menjadi berantakan. Informasi sulit untuk diakses, serta bisa dipastikan manusianya tidak akan berkembang serta ilmu pengetahuan juga berhenti.

Pengertian Internet Menurut Ahli

Ilustrasi Internet, Digital, Gaya Hidu Digital. Kredit: Nattanan Kanchanaprat via Pixabay
Ilustrasi Internet, Digital, Gaya Hidu Digital. Kredit: Nattanan Kanchanaprat via Pixabay

Ada beberapa pengertian internet menurut para ahli. Berikut ini pengertian internet tersebut, antara lain:

O’Brien

Pengertian internet menurut O’Brien adalah suatu jaringan komputer yang berkembang sangat pesat serta memberikan manfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga jaringan pemerintah yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya.

 

Berners Lee

Kemudian, pengertian internet menurut Berners Lee adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Pengertian ini memiliki konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lain.

 

Ned Snell

Sedangkan menurut Ned Snell, pengertian internet adalah suatu koridor bagi berbagai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

 

Sibero

Sibero menyatakan jika pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

 

Sarwono

Pengertian internet menurut Sarwono adalah kumpulan jaringan dengan skala global, di mana tidak seorang pun mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri

 

Lani Sidharta

Pengertian internet adalah suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang kemudian dapat memberikan pelayanan dalam bentuk informasi yang disajikan secara lengkap.  Lebih lanjut Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh, yang memberikan berbagai manfaat dalam di bidang bisnis, politik, bahkan hingga untuk hiburan semata.

Manfaat Internet

Ilustrasi Internet of Things, IoT. Kredit: methodshop via Pixabay
Ilustrasi Internet of Things, IoT. Kredit: methodshop via Pixabay

Selanjutya, perlu diketahui jika manfaat internet sangat beragam bagi kehidupan manusia. Manfaat internet tersebut selain menghubungkan komunikasi global, juga berguna sebagai media informasi dan hiburan. Internet dapat menjadi sebuah media penyimpan segala informasi yang baik dan bisa ditelusuri oleh mesin teulusur yang sudah banyak tersedia di internet, sebut saja Google, Ducduckgo, serta masih banyak jenis lainnya. Beragam informasi yang ada di internet juga akan mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan.

Selanjutnya, selain informasi juga ada hiburan yang tersedia di internet. Pada zaman modern ini kerap muncul pada platform media sosial. Platform media sosial sendiri sangat terbukti efektif membuat kreasi yang inovatif serta ampuh menghibur pengguna internet.

Kemudian manfaat internet yang lain adalah sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Seperti diketahui bahwa internet adalah media termudah untuk mendapatkan informasi. Informasi tersebut bisa berbentuk bahan materi untuk pendidikan. Banyak bahan materi belajar ataupun buku online yang tersebar di internet.

Manfaat internet adalah dapat digunakan untuk sarana pendukung kegiatan ekonomis. Hal ini sudah jadi hal lumrah, bahwa dengan internet, bisa menghasilkan uang melalui pemasukan iklan. Selain itu media youtube bahkan terbukti efektif menghasilkan banyak pemasukan.

Di mana manfaat internet bisa membantu untuk menghasilkan pendapatan. Internet mendorong pengguna berpikir kreatif, kritis dan inovatif yang membuat semakin pesatnya kemajuan serta perkembangan teknologi. Situs jual beli kini juga sudah banyak diinternet.

Maka dari itu muncul istilah jual beli online. Jual beli online ini akan membuat pengguna internet termanjakan, karena tidak perlu pergi ke supermarket, barang sudah sampai dirumah. Bahkan jasa seperti ojek pun juga sudah ada di zaman sekarang, seperti Go-Jek ataupun Grab. Dengan keberadaan internet, kehidupan kini semakin praktis.

Fungsi Internet

Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels
Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels

Setelah memahami pengertian dan manfaat internet, maka selanjutnya akan dibahas tentang fungsi internet. Fungsi internet akan membantu manusia lebih efektif dalam bekerja. Ujung-ujungnya akan menghasilkan produktifitas kerja.

Selain itu kemudahan berkomunikasi, bisa membuat manusia semakin berkehidupan sosial. Tahu perkembangan zaman dan apa yang sedang berkembang menjadi nilai plus keberadaan internet. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya relasi kerjasama. Apabila relasi kerjasama meningkat maka akan membuat manusianya akan lebih mudah bergaul ataupun menjalankan suatu bisnis atau usaha tanpa harus alasan jarak yang jauh.

Sudah banyak sekali fasilitas internet yang tersedia dan bisa dimanfaatkan oleh penggunanya, seperti world wide web atau www, di mana halaman web tersebut dapat berisi informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Lalu ada E-Mail yang berguna untuk kirim pesan, lalu Telnet untuk mengakses remote komputer yang terletak ditempat berbeda.

Kemudian, terdapat juga File Transfer Protocol (FTP) yakni untuk transfer file atau data. Fasilitas lain yakni chatting lewat berbagai aplikasi seperti Whatsapp ataupun Line.

Kelemahan Internet

Ilustrasi laptop. (dok. Unsplash.com/J. Kelly Brito/@hellokellybrito)
Ilustrasi laptop. (dok. Unsplash.com/J. Kelly Brito/@hellokellybrito)

Kendati internet punya banyak manfaat, namun pada kenyataannya internet juga puny beberapa kelemahan. Ada pun kelemahan internet adalah dari sisi pengguna yang terkadang tidak beretika. Sangat banyak sekali informasi salah yang menggemparkan. Kemudian, banyak juga bertebaran situs pornografi, di mana hal itu tidak baik untuk perkembangan anak dibawah umur.

Mengingat internet memberi kemudahan bagi kehidupan manusia, tentunya dalam penggunaannya perlu lebih berhati-hati. Serta perlu diingat juga, untuk selalu menjaga keamanan data pribadi saat menggunakan internet, agar tidak berisiko terkena peretasan pihak yang tidak bertanggung jawab.



Source link

Leave a Reply