You are currently viewing Peneliti Australia Kuak Jalur Lain yang Digunakan Virus COVID-19 Masuk ke Sel Manusia

Peneliti Australia Kuak Jalur Lain yang Digunakan Virus COVID-19 Masuk ke Sel Manusia



Liputan6.com, Jakarta – Virus Corona atau SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit COVID-19, menggunakan reseptor ACE2 pada sel manusia sebagai pintu masuk dengan mengikatkan protein lonjakan (spike protein) ke reseptor tersebut. Namun, ternyata ada pintu masuk lain yang ditemukan para peneliti dari Australia.

Bersama dengan kolega internasional mereka, para peneliti menemukan jalur lain yang digunakan SARS-CoV-2 untuk masuk ke dalam sel manusia, yang mungkin dapat menjelaskan tingginya tingkat infeksi Virus Corona baru dibandingkan dengan virus serupa lainnya.

Dalam dua penelitian yang dirilis pada Rabu 21 Oktober, para peneliti dari Universitas Queensland (UQ) di Australia dan rekan mereka di Eropa menemukan bahwa Virus Corona baru juga dapat menggunakan reseptor lain, yang disebut neuropilin untuk masuk ke dalam sel manusia.

“Kini kami mengetahui bahwa selain reseptor ACE2 yang sudah diketahui, protein lonjakan itu mengikat reseptor kedua pada sel inang yang disebut neuropilin,” papar Prof. Brett Collins, salah satu peneliti dari Institut Biosains Molekuler UQ.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.



Source link

Leave a Reply