Panglima TNI Sumbang 59 Ekor Babi Hutan ke Daerah Rawan Konflik Papua

Panglima TNI Sumbang 59 Ekor Babi Hutan ke Daerah Rawan Konflik Papua


VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjantoh hari ini mengirimkan bantuan 59 ekor Babi Hutan yang akan digunakan untuk upacara adat bakar batu di Papua.

Sumbangan babi hutan dari Panglima TNI itu telah diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI dari Lanud Pattimura Ambon menuju Bandara Mozes Kilangin, Timika Papua.

“Bantuan 59 ekor babi hutan yang diberikan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk memeriahkan upacara adat bakar batu di bulan cinta kasih menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Militer, Kamis, 26 November 2020.

Kolonel Sus Aidil menambahkan, penyerahan bantuan 59 ekor babi hutan dari Panglima TNI itu nantinya akan dilakukan oleh Aspotwil Kaskogabwilhan III, Brigjen TNI Dadang Rukhiyana kepada sejumlah kepala suku di beberapa wilayah, diantaranya Wamena, Supaga, Ilaga, Puncak Jaya, dan Timika.

Untuk diketahui, sejumlah daerah itu merupakan daerah binaan TNI dan Polri. Karena beberapa daerah itu merupakan wilayah rawan konflik. Sebagaimana diketahui pula, akhir-akhir ini sejumlah daerah tersebut menjadi sorotan karena sejumlah kasus kontak senjata yang melibatkan kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Beberapa bulan lalu, Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang dibentuk oleh Menkopolhukam yang dipimpin oleh Benny Mamoto sempat mengalami insiden penyerangan di daerah Kabupaten Intan Jaya, Papua. Bahkan yang terbaru, beberapa hari lalu dua orang warga sipil dikabarkan meninggal dunia setelah ditembak oleh orang tak dikenal yang diduga merupakan gerombolan bersenjata OPM di Ilaga, Papua.

Baca juga: Aksi Hebat 6 Prajurit Marinir TNI AL Ini Bikin Geleng Kepala



Source link

Leave a Reply