Pandemi COVID-19, ASEAN Dorong Bertransaksi Mata Uang Lokal

Pandemi COVID-19, ASEAN Dorong Bertransaksi Mata Uang Lokal


VIVA – Negara-negara ASEAN mendukung upaya untuk penggunaan mata uang lokal masing-masing negara anggotanya saat bertransaksi, baik investasi maupun perdagangan di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga: Selain COVID-19, Dukun Baba Vanga Ramal Trump Kena Tumor Otak

Hal tersebut menjadi salah satu kesepakatan dalam pertemuan ke-6 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara-negara Anggota ASEAN beberapa waktu lalu.

“Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dan sistem keuangan kawasan,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, Selasa, 6 Oktober 2020.

Dikutip dari pernyataan bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral se-ASEAN tersebut, dukungan itu dianggap akan memberikan fasilitas negara-negara ASEAN dalam pelaksanaan bilateral local currency settlement frameworks.

“Inisiatif ini akan memfasilitasi kepentingan dalam kegiatan yang terkait dengan kerangka kerja penyelesaian mata uang lokal bilateral dan bertujuan untuk meningkatkan volume perdagangan dan investasi intra-ASEAN di masa depan,” demikian ungkapan pernyataan bersama.

Menurut Onny, inisiatif penggunaan mata uang lokal bisa dilakukan dalam penyelesaian perdagangan, investasi langsung dan kegiatan terkait lain seperti transaksi pendapatan dan transfer, di antara negara-negara ASEAN.

Selain itu, dia melanjutkan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN menggarisbawahi tiga pilar utama untuk mendorong stabilitas dan integrasi keuangan di kawasan ASEAN serta memperkuat pertumbuhan ekonomi, di tengah pandemi COVID-19, yaitu konektivitas, sustainabilitas, dan responsivitas dari ASEAN.

“Negara-negara ASEAN menegaskan komitmen untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi, serta mendorong stabilitas dan integrasi keuangan di kawasan ASEAN, di tengah ketidakpastian yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19,” ucapnya. (ase)



Source link

Leave a Reply