Padukan Teknologi-Pedagogi, Sekolah Ini Terapkan Model Daring Plus

Padukan Teknologi-Pedagogi, Sekolah Ini Terapkan Model Daring Plus


VIVA – Pembelajaran secara daring diterapkan semua sekolah di Indonesia sejak pandemi COVID-19 melanda. Terbantukan kendati masih banyak kekurangan karena kendala-kendala tertentu. Tapi ada pula sekolah yang mudah beradaptasi dan bahkan melakukan pengembangan sehingga mampu menerapkan metode pembelajaran secara daring yang bernilai plus.

Salah satu sekolah yang mengembangkan model pembelajaran daring itu ialah Sekolah Murid Merdeka (SMM). “Sejak awal, bahkan sebelum pandemi, Sekolah Murid Merdeka (SMM) sudah menginisiasi model pembelajaran blended learning, yaitu metode yang menggabungkan pembelajaran online (dalam jaringan) dan pembelajaran offline atau tatap muka langsung,” kata Kepala Sekolah Murid Merdeka (SMM) Laksmi Mayesti dalam keterangannya, Senin, 7 Juni 2021.

Menurut Laksmi, belajar secara online bisa sangat engaging, menyenangkan dan bermakna. Kuncinya ada pada kreativitas yang dibangun tenaga pengajar. Semua pengajar SMM dituntut selalu mengembangkan kreativitas agar peserta didik dapat berinteraksi secara terbuka, baik dengan guru maupun teman-temannya.

“SMM menawarkan fleksibilitas. Kami percaya setiap anak punya kebutuhan yang berbeda, dan punya konteks belajar yang berbeda juga. Sebagai pendidik kami punya kewajiban merespons kebutuhan belajar anak, termasuk merespon konteks belajar yang ada di sekitar anak,” ujarnya.



Source link

Leave a Reply