Neymar Hattrick, Brasil Susah Payah Taklukkan Peru

Neymar Hattrick, Brasil Susah Payah Taklukkan Peru


VIVA – Tim nasional Brasil bertamu ke markas Peru dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan, di Estadio Nacional de Lima, Rabu pagi WIB, 14 Oktober 2020. Di laga tersebut, Brasil secara susah payah menaklukkan Peru dengan skor 4-2.

Laga baru berjalan enam menit, Peru mampu mengejutkan Brasil. Tendangan voli yang dilepaskan Andre Carrillo berhasil mengarah deras ke gawang Brasil yang tidak bisa diantisipasi oleh Weverton.

Petaka kembali menimpa Brasil pada menit ke-12, salah satu bek tengahnya, Marquinhos harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera. Posisinya pun digantikan oleh Rodrigo Caio.

Menit ke-14, Roberto Firmino nyaris membuat skor menjadi imbang. Akan tetapi, sontekan dari striker Liverpool itu masih diamankan kiper Peru, Pedro Gallese.

Upaya Brasil untuk menyamakan akhirnya terwujud setelah Neymar dilanggar di kotak terlarang oleh Yoshimar Yotun pada menit ke-26. Neymar yang bertindak sebagai algojo tendangan penalti sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Pada menit ke=31, Brasil sebenarnya sanggup membalikkan kedudukan. Sayangnya, gol yang diciptakan Neymar dianulir oleh wasit lantaran Richarlison sudah berada dalam posisi offside bola masuk ke gawang Peru.

Nasib kurang beruntung kembali dialami Firmino pada menit ke-41. Meneriman umpan silang Renan Lodi, Firmino yang sudah berdiri tanpa pengawalan pemain Peru gagal menyundul bola secara akurat.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Brasil tetap melancarkan serangan ke area pertahanan Peru. Namun, hingga peluit panjang turun minum dibunyikan, skor 1-1 tidak berubah.

Selepas jeda, Brasil tetap tampil atraktif dalam membombardir pertahanan Peru. Sedangkan, tuan rumah lebih memilih bermain defensif sambil sesekali melakukan serangan balik.

Menit ke-59, Brasil kembali kebobolan lewat tendangan voli. Kali ini, giliran aksi Renato Tapia yang sukses memaksa Weverton memungut bola dari gawangnya.

Duel Peru vs Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Akan tetapi, keunggulan Peru tak bertahan lama. Lima menit kemudian, Brasil berhasil menyamakan kedudukan setelah sundulan Richarlison menyambut Firmino meluncur mulus ke gawang Peru.

Brasil melakukan perubahan pada menit ke-70. Everton dan Everton Ribeiro dimasukkan ke lapangan untuk menggantikan Philippe Coutinho dan Roberto Firmino yang tampil kurang mengesankan di pertandingan kali ini.

Perubahan yang dilakukan Brasil membuahkan hasil yang manis. Pada menit ke-81, Everton Ribero dijatuhkan Luis Abram di kotak terlarang. Hadiah penalti yang kembali dieksekusi Neymar sukses mengubah skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Brasil.

Gol penalti kedua Neymar menjadi masalah bagi kiper cadangan Peru, Carlo Caceda yang melupakan kekesalannya dengan emosi. Akibanya, Caceda diganjar kartu merah oleh wasit dan disuruh keluar dari bangku cadangan pemain.

Beberapa saat kemudian, wasit kembali mengeluarkan kartu merah dari kantongnya. Kali ini, Carlos Zambrano yang diusir keluar lapangan setelah melakukan sikutan dengan sengaja terhadap Richarlison.

Bermain dengan 10 pemain di sisa waktu yang ada, Peru semakin digempur habis oleh Brasil. Di masa tambahan waktu babak kedua, Neymar berhasil mencatatkan hattrick di papan skor.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol yang tercipta. Brasil sukses mengunci kemenangan 4-2 atas Peru.

Kemenangan ini membuat Brasil berada di puncak klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan dengan perolehan 6 poin. Sedangkan, Peru tertahan di urutan ketujuh dengan raihan 1 poin.

Susunan pemain

Peru: Pedro Gallese (PG); Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia (Christian Cueva 90′); Andre Carrillo, Pedro Aquino, Yoshimar Yotun, Christopher Gonzalez (Miguel Araujo 90′); Jefferson Farfan (Andy Polo 90′).

Brasil: Weverton (PG); Renan Lodi (Alex Telles 70′), Thiago Silva, Marquinhos (Rodrigo Caio 12′), Danilo; Philippe Coutinho (Everton 70′), Casemiro, Douglas Luiz; Neymar, Roberto Firmino (Everton Ribeiro 70′), Richarlison.



Source link

Leave a Reply