MPPK dan MKKI Minta Permenkes Nomor 24 Tahun 2020 Dicabut, Dinilai Keluar Tanpa Harmonisasi

MPPK dan MKKI Minta Permenkes Nomor 24 Tahun 2020 Dicabut, Dinilai Keluar Tanpa Harmonisasi



Liputan6.com, Jakarta Majelis Pengembangan Profesi Kedokteran (MPPK) berharap agar Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes/PMK) Nomor 24 tahun 2020 tentang Pelayanan Radiologi Klinik yang dalam beberapa hari terakhir menuai polemik, dicabut terlebih dahulu.

“Sebuah peraturan itu kadang-kadang sebelum dikeluarkan perlu ada harmonisasi. Ini (Permenkes 24 tahun 2020) harmonisasi tidak pernah dilakukan, tiba-tiba keluar begitu saja,” kata Ketua MPPK Pudjo Hartono dalam konferensi pers virtual pada Rabu (7/10/2020).

Pudjo menilai, Permenkes ini lebih banyak menimbulkan masalah daripada manfaatnya. “Sudahlah, (kami) minta dengan hormat kalau bisa dicabut dulu.”

Pudjo mengatakan bahwa mereka tak masalah apabila Permenkes ini nantinya akan dibuat dari awal lagi dengan lebih spesifik apabila akan dicabut.

“Kalau ini memang tetap seperti ini, ya mungkin, (karena) ini adalah produk hukum. Kalau misalnya ada yang merasa produk hukum ini tidak benar, saya kira upaya hukum itu sah untuk dilakukan.”

“Intinya supaya ini dicabut kemudian kalau memang diperlukan kita buat baru lagi, dimulai dari awal dengan prosedur yang baik dan benar,” imbuh Pudjo.



Source link

Leave a Reply