Menteri Teten Klaim UU Cipta Kerja Beri Banyak Kemudahan untuk UMKM

Menteri Teten Klaim UU Cipta Kerja Beri Banyak Kemudahan untuk UMKM



Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyambut positif pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU). Menurutnya, itu akan membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menguasai 99 persen kegiatan ekonomi di Indonesia.

Teten mengatakan, peresmian RUU Cipta Kerja memang coba menjawab berbagai persoalan utama yang dialami pelaku koperasi dan UMKM.

“Misalnya akses kepada pembiayaan, akses kepada pasar, akses kepada perizinan yang mudah, juga terhadap pengembangan usaha, termasuk juga supply chain,” kata dia dalam sesi webinar, Kamis (8/10/2020).

Pemerintah disebutnya coba mempermudah berbagai hambatan perizinan lewat UU Cipta Kerja. Salah satunya, ia mengambil contoh proses UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal yang terbilang cukup berat.

“Itu sekarang kita gratiskan, jadi pemerintah udah menanggung usaha kecil,” sambung dia.

Selain itu, Teten juga menyoroti berbagai masalah yang kerap menimpa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). UU Cipta Kerja dianggap mampu bantu menyelesaikan problem tersebut.

“Termasuk pendirian usaha, kita sekarang selain bisa lewat daring, tapi sekarang ada pendaftar tidak kita persulit. Perpajakan juga kita permudah dan lain sebagainya,” jelasnya.

“Kami yakin Undang-Undang Cipta Kerja ini bisa mendorong UMKM yang saat ini menyerap 97 (persen) tenaga kerja, dan kita sekarang sudah masuk dalam era pengarusutamaan UMKM dan pembangunan ekonomi nasional,” tukas Teten.



Source link

Leave a Reply