Mengenal 4 Manfaat Konsumsi Jus Seledri bagi Kesehatan

Mengenal 4 Manfaat Konsumsi Jus Seledri bagi Kesehatan



Sebuah ulasan tahun 2017 menyimpulkan bahwa senyawa dalam seledri, yakni Asam caffeic, Apigenin, dan Luteolin bertindak sebagai anti-oksidan kuat dalam penyembuhan.

Anti-oksidan dalam kandungan seledri dapat mencegah stres oksidatif dan bermanfaat mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas akan memberi dampak peradangan kronis yang dapat merusak sel, jaringan, dan organ, serta bisa meningkatkan risiko serangan jantung, kanker, artritis, juga diabetes.

Menurut Epstein, meski seledri berdampak baik untuk hewan, penelitian tentang efek anti-inflamasi pada manusia masih terbatas. Jus seledri tak boleh digunakan sebagai obat yang layak, apalagi bagi penyakit kronis, seperti kanker.

3. Menghidrasi Tubuh

Dengan kandungan 95 persen air dan elektrolit, jus seledri dipercaya bisa menghidrasi tubuh. Efeknya mampu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki suasana hati.

Selain itu, elektrolit, seperti natrium, kalsium, dan kalium, juga membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh. Seledri juga dapat merangsang kontraksi otot untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Rendah Gula

Kandungan gula lebih rendah membuat jus seledri jauh lebih sehat ketimbang jus lain, seperti jus jeruk atau jus apel. Satu cangkir jus seledri mengandung 3,16 gram gula alami, dibanding 24 gram pada jus jeruk dan 28 gram di jus apel.

Konsumsi terlalu banyak gula tambahan akan menyebabkan peningkatan berat badan, bahkan obesitas, diabetes, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. (Vriskey Herdiyani)



Source link

Leave a Reply