Mampir Belanja Batik di Pasar Klewer Surakarta Solo

Mampir Belanja Batik di Pasar Klewer Surakarta Solo


VIVAPasar Klewer adalah pasar tekstil terbesar di Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Selain berseberangan Masjid Agung, juga letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta.

Alhamdulillah, di Pasar Klewer ini saya sempat ketemu dan berkenalan dengan mas Wahyu, petugas sekuriti Pasar Klewer, Surakarta, Solo. Ia yang mengantar dan bertindak sebagai guide kami, sekaligus narasumber. 

Sambil menemani ke sana ke mari mutar-mutar di pusat penjualan batik khas Solo ini, mas Wahyu menjawab segala keinginantahuan kami. Bahkan kami dibantu menyeberang jalan yang padat, ke Masjid Agung Surakarta, peninggalan kerajaan Mataram, untuk salat Jumat.

Dengan pendekatan primordial gaya mas Wahyu sebagai “Wong Solo” kepada pedagang batik, akhirnya beli batiknya gak sampai dimahalin. Malah dapat diskon, termasuk ketika kami kuliner di lantai 3 Pasar Klewer yang menjajakan makanan dan kue khas Solo. Matur nuwun ya mas Wahyu.

Pasar Klewer merupakan pusat perbelanjaan kain batik yang menjadi rujukan para pedagang dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan kota-kota lain di Pulau Jawa.

Menurut sejarahnya, pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia, kawasan di Pasar Klewer merupakan tempat pemberhentian kereta api yang digunakan sebagai tempat berjualan para pedagang pribumi.



Source link

Leave a Reply