You are currently viewing Makan di Ruangan Bercahaya Redup Dapat Pengaruhi Persepsi Rasa

Makan di Ruangan Bercahaya Redup Dapat Pengaruhi Persepsi Rasa



Liputan6.com, Jakarta – Ada kalanya beberapa orang memilih tempat makan bercahaya redup. Selain untuk menghindari pengunjung yang lain, ada juga yang menginginkan suasana lebih romantis.

Namun, berdasarkan penelitian makan di ruangan yang bercahaya redup, ternyata membuat rasa makanan kurang terasa. Pencahayaan memainkan faktor menentukan dalam persepsi rasa, dilansir dari laman Fox News, Kamis, 22 Oktober 2020.

Makan dalam kegelapan tidak begitu membantu untuk meningkatkan rasa seperti yang diperkirakan beberapa orang. Para peneliti di Maastricht University yang berbasis di Belanda menemukan bagaimana pencahayaan memengaruhi persepsi rasa.

Mereka menerbitkan temuannya di ScienceDirect. Studi terbatas itu merekrut bantuan dari 138 relawan yang mengonsumsi makanan empat macam.

Mereka makan dalam kondisi pencahayaan yang berbeda untuk menentukan bagaimana cahaya dapat memainkan peran dalam “intensitas rasa.” Secara keseluruhan, mereka yang makan di tempat yang lebih terang dilaporkan memiliki rasa makanan yang lebih enak, daripada mereka yang makan di tempat yang kurang cahaya, kata penelitian tersebut.

“Hasilnya menunjukkan bahwa para tamu yang terpapar cahaya ambient yang terang merasakan keseluruhan rasa hidangan itu lebih intens dibandingkan dengan tamu yang terpapar cahaya ambient yang redup,” tulis abstrak penelitian tersebut.

 

 



Source link

Leave a Reply