Mahasiswa UMM Melirik Budidaya Jamur Tiram Sebagai Peluang Bisnis

Mahasiswa UMM Melirik Budidaya Jamur Tiram Sebagai Peluang Bisnis


VIVA – Kegiatan PMM merupakan sebuah kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada masyarakat. Untuk saat ini program PMM dicetuskan oleh Universitas Muhammadiyah Malang karena akibat dari adanya pandemic covid-19 sebagai pengganti dari kegiatan KKN regular.

Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2021 yang beranggotakan Widi Astuti, Indra Sri Wahyuni, Avingka Rianinda, Revina Dela dan Reza Maulana dengan bimbingan Ibu Putri Saraswati, S.Psi., M.Psi (selaku DPL) meninjau salah satu tempat budi daya jamur tiram di desa Gampingrowo, Kabupaten Sidoarjo.

Terdapat 3 rumah budi daya yang sudah tersedia. Menurut kepala desa, budi daya jamur tiram sangat membantu dalam bidang kegiatan dan perekonomian warga.

Bisa dikatakan kegiatan ini merupakan sebuah terobosan baru di kalangan masyarakat, dan pengembangan budidaya jamur tiram ini dilatar belakangi oleh sekelompok mahasiswa yang menemukan fakta bahwa hanya berjumlah sekitar 15% masyarakat desa Gampingrowo sebagai petani jamur tiram, serta hal ini dirasa cukup menantang bagi  mahasiswa untuk mengembangkan budidaya jamur sebagai mata pencaharian yang ikonik di desa Gampingrowo.

Di sisi lain, perkarangan rumah warga kebanyakan luas dibiarkan kosong. Oleh karena itu, ide ini muncul dari mahasiswa yang tergabung dalam program Pengabdian Mayarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 82 Gelombang 4 Tahun 2021 dan bertujuan untuk menambah pendapatan  ekonomi masyarakat. Selain itu, dengan kegiatan wirausaha ini diharapkan masyarakat menjadi produktif dan budidaya  jamur tiram dikembangkan dengan serius agar bisa menjadi ikonik untuk mata pencaharian di desa Gampingrowo.

Dalam pendampingan ini kami membantu UMKM budidaya jamur tiram ini dari awal pembuatan tempat jamur tiram kemudian membantu perawatan dan pemanenan, dalam pemanenannya biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari selanjutnya pengepakan jamur tiram



Source link

Leave a Reply