Live d’Rooftalk! ‘Omnibus Law Cipta Kerja, Kerja, Kerja’

Live d’Rooftalk! ‘Omnibus Law Cipta Kerja, Kerja, Kerja’



Jakarta

Pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja yang dilakukan oleh DPR bersama dengan pemerintah, Senin (5/10), menuai polemik di masyarakat. Klaster ketenagakerjaan dalam UU Cipta Kerja dinilai memiliki banyak pasal kontroversial yang akhirnya diprotes keras oleh buruh. Pasalnya, klaster ketenagakerjaan itu banyak merevisi pasal-pasal dalam UU No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang dianggap mengurangi hak-hak buruh.

Para buruh dari berbagai organisasi kemudian menggelar demonstrasi di berbagai daerah untuk menolak UU Cipta Kerja. Selain itu, mahasiswa berencana menggelar demonstrasi di Istana Merdeka. Di tubuh DPR sendiri, pengesahan UU Cipta Kerja diwarnai aksi walk out dari Fraksi Partai Demokrat yang merasa tidak diberi kesempatan yang cukup untuk menyampaikan pandangan.

Lantas, apakah undang-undang ini mengebiri hak pekerja dan buruh? Atau justru melindungi hak pekerja dan buruh? Benarkah UU Cipta Kerja ini justru dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia?

Dipandu Alfito Deannova, d’Rooftalk akan membahasnya bersama Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, anggota Fraksi Partai Demokrat Irwan yang mengaku kecewa karena miknya dimatikan saat menyampaikan aspirasi, kemudian ada anggota Fraksi Partai Golkar Lamhot Sinaga yang menjadi anggota Panja RUU Cipta Kerja, lalu ada Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) bidang ketenagakerjaan Harijanto. Simak perbincangannya secara live streaming d’Rooftalk: ‘Omnibus Law Cipta Kerja, Kerja, Kerja’ nanti malam pukul 19.30 WIB hanya di detikcom.

(gah/gah)



Source link

Leave a Reply