Listrik Jakarta Padam Berawal dari Circuit Breaker Muara Tawar Meledak

Listrik Jakarta Padam Berawal dari Circuit Breaker Muara Tawar Meledak



Jakarta

PT PLN (Persero) menyatakan, listrik di Jakarta dan sekitarnya sudah menyala kembali. Saat ini, PLN tengah menginvestigasi penyebab listrik padam yakni meledaknya pemutus beban atau circuit breaker di Muara Tawar.

“Kami saat ini masih menginvestigsi penyebab daripada rusaknya alat di Muara Tawar tersebut,” kata Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS dalam konferensi pers, Minggu (1/11/2020).

Adapun kronologisnya, pada pukul 12.58 WIB terjadi gangguan karena pemutus beban di Muara Tawar meledak.

“Pada jam 12.58 terjadi gangguan yang disebabkan adanya alat PLN yaitu pemutus beban atau bahasa asingnya cirkuit breaker 500 kV di Muara Tawar mengalami breakdown atau meledak,” jelasnya.

Kemudian, hal itu membuat pasokan listrik dari arah Cirata atau Jawa Barat bagian tengah ke arah Jakarta terputus. Selanjutnya, sistem mengisolasi diri.

“Dengan adanya gangguan ini maka supply listrik dari arah Cirata atau Jawa Barat bagian tengah ke arah sebagian Jakarta maka terputus,” ujarnya.

“Kemudian sistem mengisolasi diri, jadi yang sehat tetap sehat. Kemudian jalur setelah Muara Tawar yang mengalami gangguan itu melakukan isolasi diri agar semua sistem tidak padam,” sambungnya.

Kondisi itu kemudian berdampak pada 42 gardu yang mengalami pemadaman. Imbasnya, listrik di Jakarta bagian timur dan juga Bekasi padam.

“Sehingga yang terjadi pada saat itu ada 42 gardu induk yang mengalami pemadaman dengan beban kurang lebih 2.000 MW yang ada di sebagian Jakarta bagian timur dan juga daerah Bekasi,” sambungnya.

(acd/dna)



Source link

Leave a Reply