You are currently viewing Libur Panjang, 14 Ribu Polisi Berjaga di Sejumlah Titik di Jabar

Libur Panjang, 14 Ribu Polisi Berjaga di Sejumlah Titik di Jabar



Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita mengatakan, pihaknya akan menggelar rapid test bagi wisatawan yang akan datang ke Kota Bandung saat libur panjang akhir pekan. Pengetesan cepat Covid-19 itu rencananya difokuskan di dua terminal yaitu Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang.

“Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang akan menyiapkan tempat khusus untuk pemeriksaan protokol kesehatan penumpang yang datang ke Bandung,” ucap Rita.

Rita menjelaskan, pengetesan ini dilakukan sebagai upaya Pemkot Bandung guna meminimalisir kasus Covid-19 sekaligus mengantisipasi adanya klaster sektor ekonomi dan pariwisata. Menurutnya, selama libur panjang akhir pekan ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan pemeriksaan protokol kesehatan di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang.

Rita menjelaskan, tak semua penumpang yang datang menggunakan kendaraan umum akan menjalani rapid test secara langsung. Penumpang akan diperiksa terlebih dahulu dengan mengecek suhu tubuh dan meminta tertib mengenakan masker.

Jika ditemukan penumpang dengan suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius, barulah akan dilakukan rapid test.

“Alat rapid test-nya disiapkan, kami drop ke puskesmas. Nanti puskesmas yang melaksanakan itu semua,” jelasnya.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau warga melakukan tes swab PCR atau rapid test jika hendak berlibur saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28-30 Oktober 2020.

Imbauan itu jadi salah satu poin dalam Surat Edaran Nomor 440/5876/5J tentang Antisipasi Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Surat itu diterbitkan pada Rabu (21/10).



Source link

Leave a Reply