Kurangi Pengangguran Akibat COVID-19, Pemkab Sidoarjo Gelar Bursa Kerja

Kurangi Pengangguran Akibat COVID-19, Pemkab Sidoarjo Gelar Bursa Kerja



Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur membuka bursa kerja sebagai upaya menekan pengangguran yang ada di wilayah setempat akibat pandemi COVID-19 dengan menggandeng belasan perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati mengatakan, bursa kerja diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dan menyerap ratusan tenaga kerja baru di masa pandemi COVID-19.

“Bursa kerja dibuka mulai tanggal 25-26 November 2020 di Balai Latihan Kerja Tulangan Sidoarjo,” ucapnya di sela pembukaan, Rabu, 25 November 2020.

Ia menjelaskan pada pelaksanaan bursa kerja kali ini terdapat sekitar 500 lowongan pekerjaan dari 17 perusahaan besar yang tergabung dalam bursa kerja terbuka, dilansir dari Antara.

“Baru sehari dibuka ada seribu pelamar yang masuk. Mayoritas lulusan baru, mendaftarnya pun melalui dalam jaringan untuk menghindari penumpukan pelamar,” kata Fenny.

Ia menjelaskan dengan terbukanya lowongan kerja tersebut akan menampung ratusan lulusan SMK dan SMA di Sidoarjo.

“Bursa kerja terbuka di tengah pandemi COVID-19 adalah sebuah terobosan. Meski awalnya ragu-ragu karena dikhawatirkan penumpukan pelamar kerja. Pelamar diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan mematuhi tiga M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan desa dan kecamatan diberikan bantuan dana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan padat karya, sebagai salah satu solusi menggerakkan perekonomian dengan mempekerjakan tenaga dari warga sekitar.

“Kami ingin Sidoarjo itu menjaga Taman, dengan melibatkan warga. Menjaga kebersihan bisa dilakukan lewat program padat karya,” kata Cak Hud sapaan Hudiyono Pj Bupati Sidoarjo.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.



Source link

Leave a Reply