Kontroversi VAR Kembali Hantam Liverpool

Kontroversi VAR Kembali Hantam Liverpool


VIVA – Dalam dua pekan terakhir, Liverpool menjadi korban dari tidak mapannya staf yang bekerja di belakang layar video assistant referee (VAR). Setelah derby Merseyside, Liverpool kembali dihantam kontroversi VAR kala menang atas Sheffield United di Anfield, Sabtu 24 Oktober 2020.

Menit 11, Liverpool dihukum penalti setelah Fabinho dianggap melanggar Oliver McBurnie. Jadi pertanyaan, apakah Fabinho benar-benar melanggar McBurnie di kotak terlarang.

Dari kasat mata, memang itu pelanggaran dan keputusan wasit Mike Dean benar adanya. Yang jadi pertanyaan, di mana pelanggaran terjadi.

Wasit Mike Dean sempat menunjuk area luar kotak penalti, tanda terjadi sepakan bebas. Namun, setelah VAR mengintervensi, penalti diberikan.

Pelanggaran pemain Liverpool, Fabinho, ke Oliver McBurnie

Beberapa foto dari pelanggaran tersebut menunjukkan, sebenarnya ada indikasi terjadi di luar kotak penalti. Dan tak seharusnya terjadi tendangan 12 pas.

Setelah ditelusuri lebih jauh, penalti memang seharusnya diberikan. Kaki kanan McBurnie sudah menginjak garis dari kotak penalti Liverpool. Dengan demikian, pelanggaran memang terjadi di kawasan terlarang.

Penalti dieksekusi Sander Berge dan berhasil membawa Sheffield unggul, 1-0. Meski begitu,  Liverpool akhirnya menang lewat gol balasan dari Roberto Firmino dan Diogo Jota.



Source link

Leave a Reply