Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Joe Biden

Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Joe Biden


VIVA – Kongres Amerika Serikat akhirnya mengesahkan pemungutan suara Electoral College dengan mengukuhkan kemenangan calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, Kamis, pukul 3:41 pagi waktu setempat atau sehari setelah Washington dirusak oleh pengunjuk rasa pro-Trump yang menyerbu Capitol AS.

Wakil Presiden Mike Pence telah mengumumkan pengesahan penghitungan suara elektoral sekaligus mengonfirmasi kemenangan Presiden terpilih Joe Biden. Dia tidak akan menuruti keinginan Trump untuk membatalkan keinginan para pemilih AS.  
 
Anggota Kongres berkumpul kembali untuk melanjutkan peninjauan mereka atas suara Electoral College pada Rabu malam, beberapa jam setelah kekacauan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap lembaga pemerintah Amerika.
  
Beberapa Senator Partai Republik yang awalnya bersumpah akan menentang hasil perolehan suara di negara bagian karena kekhawatiran terjadi penipuan pemilih, malah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan suara untuk sertifikasi kemenangan Biden.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, R-Ky, menyebut aksi demonstrasi yang berujung kekerasan di Capitol sebagai pemberontakan yang gagal. “Mereka yang mencoba mengganggu demokrasi kita tidak berhasil,” kata McConnell dilansir FoxNews, Kamis, 7 Januari 2021.

Dan Scavino, wakil kepala staf Gedung Putih, memposting pernyataan Presiden Trump di Twitter yang isinya menyerukan agar semua pihak tenang.

“Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari,” bunyi pernyataan Trump.

“Saya selalu mengatakan bahwa kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Meskipun ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanya awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi!”,” lanjutnya.
  
Aksi demonstrasi berujung kericuhan terjadi di Gedung Capitol, Washington DC, Rabu waktu setempat. Massa pendukung Trump menentang pengesahan kemenangan Joe Biden dan pengesahan kekalahan Trump oleh Kongres AS.

Massa melakukan aksi anarkistis dengan mendobrak masuk pintu Capitol dan mengganggu Kongres untuk mengesahkan Joe Biden sebagai presiden terpilih. Empat orang dilaporkan tewas selama kericuhan di Capitol.

Pengesahan kemenangan Joe Biden sebagai presiden AS berikutnya terpaksa ditunda.



Source link

Leave a Reply