Kolaborasi Pentahelix Efektif Tangani COVID-19 di Indonesia

Kolaborasi Pentahelix Efektif Tangani COVID-19 di Indonesia


VIVA – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan kolaborasi pentahelix antara Pemerintah Pusat dan Daerah, yang berbasis komunitas dengan menitikberatkan peran dari tokoh di masyarakat, akademisi, dan dukungan swasta yang dikombinasikan dengan komunikasi publik lewat media massa, akan mengefektifkan penanganan COVID-19 di Indonesia.

“Pemerintah meyakini pendekatan pentahelix yang melibatkan pemangku kepentingan dari lima pilar akan memunculkan gerakan yang alami dan efektif dalam mencegah penularan COVID-19 di Indonesia,” ujar Moeldoko saat Peluncuran Kampanye Pentahelix 5 Juta Masker di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jakarta, Rabu 14 Oktober 2020. 

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan, kombinasi peran swasta yang dibarengi kearifan lokal dari komunitas, akan menjadi dorongan perbaikan pengelolaan pandemi COVID-19. Selain itu, ia juga mengatakan pihaknya akan selalu memantau perkembangan positif dari kampanye yang dilakukan tersebut. 

Baca juga: Diet Kilat Biar Ramping Saat Nikah, Ini Saran Dokter

“Gerakan 3-M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak, akan terus digalakkan di tengah masyarakat. Agar mampu menekan laju penularan virus corona. Kami di KSP akan selalu melakukan pengawasan di perkembangan gerakan 3M,” tutur dia. 

Moeldoko menambahkan, berbagai langkah untuk debottlenecking masalah di lapangan, evaluasi, maupun penyampaian logistik masker sebagai salah satu infrastruktur akan terus dijalankan. 

Salah satu kolaborasi pentahelix yang sudah dilakukan adalah dengan melakukan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis, bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Aice Group.

“Kami harap kampanye ini makin memperkuat kolaborasi pentalix kita bersama,” kata dia. 

Baca juga: Mengenal Norovirus yang Tengah Terjadi di China

Berada di tempat yang sama, Brand Manager Aice Group, Sylvana, mengatakan selain masker shield, mereka juga mendistribusikan paket vitamin C dan suplemen pendukung lain untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang disasar.

“Kampanye 5 juta masker medis yang kami jalankan bersama berbagai elemen dari pentahelix ini, menjadi lanjutan dedikasi kami melawan pandemi. Ada sekitar 15 juta masker lain yang kami distribusikan juga bersama 200 ribu UMKM kami melalui edukasi pencegahan COVID-19 dan promosi,” kata dia. 

Dua puluh kabupaten dan kota yang tersebar di Indonesia akan menjadi wilayah sasaran utama kampanye ini, yang terletak dari bagian barat hingga timur Indonesia. 

Wilayah sasaran tersebut, di antaranya Jakarta, Bogor, Cirebon, Bandung, Rembang, Semarang, Pekalongan, Surabaya, dan Ambon yang masuk dalam aktivitas kampanye, dilanjutkan dengan Palembang, Medan, Batam, Yogyakarta, Malang, Kudus, Denpasar, Manado, Banjarmasin, Madiun dan Makassar.
 



Source link

Leave a Reply