Keampuhan Vaksin Sputnik V Naik Jadi 95 persen, Kok Bisa?

Keampuhan Vaksin Sputnik V Naik Jadi 95 persen, Kok Bisa?



Liputan6.com, Moskow – Ilmuwan Rusia mengumumkan vaksin Sputnik V memiliki keampuhan (efikasi) hingga 95 persen dalam menangkal Virus Corona COVID-19. Persentase itu naik dari perhitungan sebelumnya yang sebesar 91,4 persen.

Saat ini ada 40 ribu sukarelawan yang ikut uji klinis tahap ketiga dari vaksin Sputnik V. Sebanyak 22 ribu orang telah diberikan dosis pertama dan lebih dari 19 ribu sudah diberikan dosis kedua.

Angka keampuhan 91,4 persen diumumkan 28 hari setelah pemberian dosis pertama atau seminggu setelah pemberian dosis kedua.

Lantas mengapa bisa naik? Sebab, kini ada 39 kasus COVID-19 bagi kelompok yang menerima vaksin plasebo, sebelumnya hanya 31 orang. Pada kelompok penerima Sputnik V hanya ada delapan orang yang terkena COVID-19, sama seperti sebelumnya.

“Data awal dari sukarelawan pada 42 hari setelah dosis pertama (terhitung 21 hari setelah dosis kedua) mengindikasikan keampuhan vaksinnya di atas 95 persen,” tulis situs Sputnik Vaccine dalam rilis resmi, seperti dikutip Rabu (25/11/2020).

Hingga kini, tak ada kejadian buruk selama uji klinis. Komite Monitoring Independen yang terdiri atas ilmuwan Rusia turut mengawasi pengembangan vaksin ini.

“Data yang menunjukan keampuhan tinggi dari vaksin Sputnik V memberikan kita harapan bahwa kita akan segera mendapatkan alat paling penting dalam pertempuran melawan pandemi infeksi virus corona baru,” ujar Menkes Rusia Mikhail Murashko.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.



Source link

Leave a Reply