Kasus COVID-19 di Bangkalan Melonjak, Letjen Ganip: Prokes Kuncinya

Kasus COVID-19 di Bangkalan Melonjak, Letjen Ganip: Prokes Kuncinya


VIVA – Kasus konfirmasi positif COVID-19 melonjak di beberapa wilayah Jawa Timur, khususnya Kabupaten Bangkalan. Kenaikan kasus ini dipicu karena adanya penularan di klaster keluarga setelah mudik lebaran.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI, Ganip Warsito terus memonitor perkembangan COVID-19 di seluruh Indonesia, termasuk Jatim. Dia menginstruksikan agar warga tidak lupa dengan 3T yaitu testing, tracing dan treatment.

Dia mengingatkan penting juga mengajak masyarakat disiplin protokol kesehatan (prokes).

“Prokes memakai masker ini kuncinya, selalu menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan ini wajib diterapkan,” kata Ganip, dalam keterangannya, Selasa, 8 Juni 2021.

Ganip juga meminta pihak rumah sakit untuk memastikan ketersediaan tempat tidur dan tempat isolasi mandiri. Selain itu, zonasi protokol kesehatan dan kemampuan sumber daya manusia tenaga kesehatan dalam antisipasi penanganan lonjakan kasus COVID-19. 

Pun, Ganip turut memberikan arahan terkait penguatan fungsi posko dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk dapat menjadi kontrol kasus harian COVID-19.

“Terus menerus lakukan pemantauan dan monitoring melalui posko yang ada di seluruh PPKM Mikro untuk dapat mengetahui kasus harian COVID-19 sehingga menjadi dasar kita dalam mengambil keputusan,” tuturnya.



Source link

Leave a Reply