Jangan Anggap Setelah Ada Vaksin Semua Akan Selesai

Jangan Anggap Setelah Ada Vaksin Semua Akan Selesai


VIVA – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo, meminta masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, meskipun dalam waktu dekat ini akan ada vaksinasi.

Jadwal vaksinasi sudah akan dimulai pada pekan depan atau pertengahan Januari ini. Doni meminta masyarakat tak menganggap adanya vaksin membuat masalah COVID-19 menghilang.

“Narasi tentang vaksin ini jangan sampai nantinya membuat masyarakat menganggap setelah ada vaksin itu semuanya akan selesai, tidak,” kata Doni dalam rapat koordinasi Kemendagri, Selasa 5 Januari 2021.

Baca juga: Jokowi Beri Target ke Menkes: Vaksinasi Rampung dalam Satu Tahun

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menjelaskan, COVID-19 tidak otomatis hilang begitu vaksinasi ini telah dijalankan. Apalagi masih banyak orang yang juga tidak menjalani vaksinasi.

“Vaksin tidak akan seketika menghentikan COVID-19. Vaksin tidak akan bisa membuat orang yang tidak divaksin itu juga luput dari COVID-19,” ujar Doni.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, juga menegaskan vaksinasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat tidak boleh lantas membuat protokol kesehatan bisa diabaikan begitu saja. Kerumunan disebut masih berpotensi sebagai sumber penularan COVID-19.

“Percuma kita melakukan tracing, enggak ada gunanya kalau sudah kerumunannya,” kata Tito.



Source link

Leave a Reply