Jadi Tentara Jangan Takut Mati!

Jadi Tentara Jangan Takut Mati!


VIVA – Sebagai seorang Perwira Tinggi (Pati) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Letjen TNI Ali Hamda Bogra adalah salah satu putra terbaik yang lahir dari tanah Papua. Jelang masa purna tugas, jenderal bintang tiga TNI Angkatan Darat ini menyampaikan pesan mendalam bagi para calon prajurit dari Papua.

Dikutip VIVA Militer dari akun Youtube resmi TNI Angkatan Darat, Ali adalah pencetus gagasan merekrut para pemuda Papua untuk mengikuti menjadi prajurit  TNI lewat jalur Otonomi Khusus (Otsus). Para pemuda ini direkrut langsung dari Papua, untuk menempuh pendidikan militer di Sekolah Calon Bintara (Secaba) dan Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Pusdik Kowad).

Program ini dijalankan Ali saat ia berpangkat jenderal bintang dua, atau Mayor Jenderal (Mayjen) TNI, dengan jabatan sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari. Mimpi Ali akhirnya tercapai, 1.000 putra putri Papua bisa mengikuti pendidikan di Secaba dan Pusdik Kowad.

Saat menjabat sebagai Koorsahli Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Koorsahli Kasad), Ali sempat meninjau langsung pendidikan para calon prajurit Otsus di Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) IV/Diponegoro. 

Dalam kesempatan itu, Ali pun bisa bertatap muka langsung dengan para putra Papua yang menjadi calon prajurit TNI. Sebagai sesama putra Papua, Ali ternyata mendapat julukan “Kakak Besar” dari para siswa Secaba. Pada momentum itu juga, Ali memberikan motivasi kepada para pemuda Papua tentang bagaimana menjadi seorang prajurit TNI.



Source link

Leave a Reply