Intip Proyek Gasifikasi PTBA, Pertamina dan APCI Senilai Rp30 Triliun

Intip Proyek Gasifikasi PTBA, Pertamina dan APCI Senilai Rp30 Triliun


VIVA – PT Pertamina, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan Air Products & Chemicals, Inc. (APCI) memastikan proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) terus berlanjut.

Tujuannya untuk mengurangi ketergantungan pada impor Liquid Petroleum Gas (LPG) dan sejalan dengan upaya mewujudkan ketahanan energi dan penguatan green economy sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Proyek Strategis Nasional ini akan dilakukan di Tanjung Enim selama 20 tahun. Dengan mendatangkan investasi asing dari APCI sebesar US$2,1 miliar atau setara Rp30 triliun.

Dengan utilisasi 6 juta ton batu bara per tahun, proyek ini dapat menghasilkan 1,4 juta DME per tahun. Untuk mengurangi impor LPG 1 juta ton per tahun sehingga dapat memperbaiki neraca perdagangan. 

Selain itu, proyek ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect. Antara lain menarik investasi asing lainnya dan memberdayakan industri nasional dengan penyerapan tenaga kerja lokal.

Kepastian berlanjutnya proyek gasifikasi tersebut ditandai dengan penandatangan Amandemen Perjanjian Kerja Sama Pengembangan DME antara Pertamina, PTBA dengan APCI.



Source link

Leave a Reply