Edisi 2

Burung di sekitar kita

Burung… siapa orangnya yang tidak mengenal satwa yang satu ini. Dalam kehidupann sehari-hari kita sering kita temui satwa kecil yang selalu berkicau dan berterbangan di sekitar rumah kita.

Namun sangat disayangkan, kondisi mereka terancam dengan perilaku manusia yang tidak memperhatikan keberadaan mereka lagi. Bahkan ada yang tega menangkapnya dan menyiksanya. sehingga terancam satwa ini punah dan sebagian mereka menjauh dari pemukiman kita.

Popularitas burung yang lima tahun lalu masih sering kita jumpai di pekarangan rumah ini, secara masif dilaporkan menghilang di berbagai daerah. Penyebab menghilangnya keberadaan jenis burung pemangsa seranga ini sangat jelas, yaitu perburuan untuk burung kicauan. Kicauannya yang merdu telah menjadi incaran para pedagang dan pemelihara burung kicauan.

Fenomena menghilangnya banyak spesies burung di berbagai tempat di Indonesia merupakan kerugian yang sangat besar bagi ilmu pengetahuan. Banyak hal yang seharusnya dapat dipelajari untuk dijadikan pedoman dalam pembangunan, namun kesempatan itu terlanjur hilang.

Leave a Reply