wildlife – place – people

terbaru

Prenjak di Belakang Rumah

Pagi hari sebelum matahari memancarkan sinarnya.. kita sudah ready diposisi pengintaian untuk mengabadikan kicauan dan geraklincahnya makluk-makluk kecil nan mempesona.

BURUNG PRENJAK 

Prenjak adalah jenis burung kecil yang lincah dan banyak  kita temui di sekitar rumah kita. Dahulu kala, kelompok burung ini dimasukkan ke dalam satu suku yaitu Sylviidae, akan tetapi belakangan ini menurut taksonomi Sibley Ahlquist yang didasari analis DNA suku tersebut dipecah kekerabatannya menjadi Sylviidae dan Cisticolidae.

Burung yang berbadan kecil tersebut mempunyai julukan atau nama yang berbeda-beda di setiap daerah, seperti pada masyarakat Jawa menyebut prenjak/ciblek, orang Sunda menyebut cinenen, Betawi menyebutnya kecici/cici, sedangkan dalam bahasa Melayu disebut dengan murai
DSC_1947-scaled.jpg

Panjang tubuh dari ujung paruh hingga ekor antara 10 – 15 cm, meskipun ada juga yang melebihi hingga 25 cm. Dilihat dari segi warna kebanyakan berwarna kekuningan, kecoklatan di bagian punggung, atau hijau zaitun, dengan warna keputih-putihan atau kekuningan pada bagian perut.

Suaranya nyaring nyempling dan brisik, prenjak sering kali mengeluarkan suaranya (ngoceh) tiba-tiba dan berisik. Beberapa jenis prenjak ngoceh keras untuk menandai kehadirannya, sambil bertengger pada ujung tonggak. ranting, tiang, kawat listrik, atau pun tempat-tempat yang semisal.

Selain ciri-ciri, kamu juga harus mengetahui kebiasaan yang biasa dilakukan oleh burung prenjak ini, burung prenjak menyukai tempat-tempat terbuka, seperti pada area semak belukar, kebun, sawah, padang ilalang, pekarangan, dan rawa.

Makanan utamanya berupa serangga seperti belalang, capung, ulat, dan sejenisnya yang berukuran kecil. Prenjak sering dijumpai berpasangan atau berkumpul dengan anak-anaknya yang sudah mulai beranjak dewasa, biasanya ia sedang melatih anaknya untuk terbang.

Semua jenis prenjak sering bersarang di tempat-tempat yang pendek seperti semak belukar, rumput ilalang, kerimbunan daun perdu. Terkadang sarangnya dititipi telur burung wiwik kelabu Cacomantis merulinus dan sebangsanya yang bersifat parasit.