Hedonisme di Kala Pandemi COVID-19

Hedonisme di Kala Pandemi COVID-19


VIVA – Di masa New Normal ini, banyak terjadi perubahan perilaku konsumen salah satunya dalam melakukan pembelian. Perubahan ini terjadi akibat adanya berbagai pembatasan yang membuat masyarakat tidak bisa beraktivitas diluar rumah.

Adanya perubahan perilaku konsumen ini menjadi peluang bagi para pelaku bisnis e-commerce. Platform e-commerce berlomba-lomba memberikan promosi yang menarik untuk masyarakat, mulai dari gratis ongkos kirim, cashback, diskon, sistem Cash On Delivery atau bayar ditempat, dll. Karena kemudahan yang diberikan, aktivitas belanja online meningkat pesat dibarengi dengan munculnya perilaku konsumtif dari masyarakat.

Apa sih perilaku konsumtif (Hedonisme) itu?

Perilaku konsumtif adalah perilaku individu mengonsumsi atau membeli sesuatu secara berlebihan pada suatu produk barang atau jasa, melakukan pemborosan dan mengutamakan kesenangan dibandingkan kepentingan.

Namun, adanya peningkatan perilaku konsumtif ini memiliki dampak positif, terutama bagi pelaku bisnis online. Di sisi lain, masyarakat juga mau tidak mau harus melakukan pembelian melalui e-commerce untuk mengurangi penyebaran COVID-19.  Tiap konsumen pun memiliki motivasi yang berbeda-beda ketika berperilaku konsumtif.

Jadi, apa saja motivasi perilaku konsumtif ?

1.      Adventure Shopping

Hedonisme pada adventure shopping yaitu dengan berbelanja untuk kesenangan dan pertualangan. Biasanya adventure shopping berhubungan dengan kebutuhan untuk stimulasi.

2.      Social Shopping

Merujuk pada pada kesenangan yang datang dari bersosialisasi dan kebersamaan dengan orang lain ketika berbelanja.



Source link

Leave a Reply