Fungsi Iris Mata dan Bagian Lainnya dalam Proses Melihat, Kenali Cara Kerjanya

Fungsi Iris Mata dan Bagian Lainnya dalam Proses Melihat, Kenali Cara Kerjanya



Sebelum mengenali fungsi iris mata, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui fungsi mata secara umum. Sudah diketahui bahwa fungsi mata adalah untuk melihat. Namun fungsi mata tidak hanya untuk melihat gambar atau pemandangan saja.

Setiap bagian mata memang memiliki fungsinya masing-masing, termasuk fungsi iris mata, namun secara umum fungsi mata adalah sebagai berikut:

1. Sebagai alat indera penglihatan. Mata dapat digunakan untuk melihat objek yang jauh dan dekat. Cara kerja mata juga cukup kompleks, di mana setiap bagian-bagian organ dalam mata memiliki fungsinya masing-masing sehingga sebuah objek dapat dilihat oleh mata. Mata hanya bisa melihat objek yang terkena pantulan cahaya atau yang menghasilkan cahaya.

2. Sebagai alat komunikasi. Terkadang kamu bisa memberikan kode dengan mata untuk mengisyaratkan sebuah tindakan.

3. Sebagai fungsi keindahan. Pada sebagian orang, mata memiliki corak warna yang beragam seperti biru, coklat, hitam pekat, atau abu-abu.

4. Mempelajari berbagai hal. Dengan mata, kamu bisa membaca buku, melihat sebuah kejadian, dan mempelajarinya.

5. Mengawasi segala hal yang mungkin membahayakan. Dengan melihat, kamu bisa menjadi lebih awas dan waspada dengan apa yang ada di sekitar.

6. Sebagai keseimbangan. Mata adalah bagian kecil dari sistem vestibular yaitu sistem keseimbangan tubuh. Dengan melihat menggunakan mata, kamu akan mendapatkan informasi secara visual. Sehingga otakmu akan siap dan juga mengerti tindakan apa yang harus dilakukan.



Source link

Leave a Reply