Fungsi dan Cara Memanfaatkan Mode Dry di AC Agar Lebih Hemat Listrik

Fungsi dan Cara Memanfaatkan Mode Dry di AC Agar Lebih Hemat Listrik


VIVA – Bagaimana cara memanfaatkan mode Dry di AC agar lebih hemat listrik Anda pengguna AC (Air Conditioning) di rumah? Tentunya, Anda tahu bahwa setidaknya ada 4 mode dengan fungsi yang berbeda-beda di AC Anda yang bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah mode dry yang sangat berguna di musim hujan.

Apa saja fungsi dan kelebihan dari mode dry ini? Sebelum masuk ke ulasan mode dry alias mode kering, kita akan membahas terlebih dulu apa saja 4 mode yang minimal dimiliki oleh AC di rumah Anda. Keempat mode tersebut adalah mode fan (kipas), mode cool (mode dingin), mode auto, dan terakhir mode dry.

Mode fan alias mode kipas menjadikan AC unit di dalam ruangan atau AC indoor bekerja, namun AC unit yang berada di luar ruangan (AC outdoor) tidak beroperasi. Jadinya, kerjanya mirip seperti kipas angin, di mana angin yang dihirup dan dihembuskan oleh AC adalah udara dari ruangan yang sama.

Bedanya dengan kipas angin, akan ada proses pendinginan terlebih dulu, sehingga angin yang dihembuskan akan lebih sejuk. Mode cool alias mode dingin adalah mode yang berfungsi menjadikan ruangan lebih sejuk, dan kompresor akan bekerja lebih optimal. Nantinya setelah suhu sudah seperti yang dibutuhkan, maka kompresor mati dan giliran kipas AC yang akan bekerja.

Biasanya, mode dingin ini akan digunakan ketika musim panas atau musim kemarau. Lalu, ada mode otomatis (auto) yang ditujukan untuk AC bisa bekerja secara otomatis, mendeteksi suhu dan mengatur kerja kompresor, juga kecepatan kipas sesuai dengan suhu yang dibutuhkan.



Source link

Leave a Reply