You are currently viewing Ekspansi ke Industri Otomotif, PT Inka Bikin Bus Listrik E-Inobus

Ekspansi ke Industri Otomotif, PT Inka Bikin Bus Listrik E-Inobus



Liputan6.com, Jakarta – PT Inka (persero) melakukan ekspansi dengan menyasar industri otomotif. Perusahaan manufaktur pelat merah (BUMN) di bidang kereta api itu akan memasarkan kendaraan komersial bernama E-Inobus.

Bahkan usai dibesut, prototipe bus listrik ukuran medium langsung diuji di jalan umum serta jalan tol Madiun – Caruban pada 19 Oktober 2020.

Pengetesan jalan disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro. Menurut perusahaan, pengujian dilakukan dengan tujuan untuk mendapat umpan balik soal performa bus listrik sebelum dilakukan produksi massal.

Ia menyampaikan, E-Inobus telah melakukan uji landasan pada 13 Agustus 2020. Kemudian telah lulus uji dengan mengantongi Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor pada 10 September kemarin.

Tepatnya di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat.

“Ini merupakan produk kerja sama PT Inka persero dengan Tron-E dari Taiwan, sebagai mitra komponen drive train serta baterai bus. Sedangkan Piala Mas dari Malang sebagai rekanan pembuat bodi bus listrik. Dalam waktu dekat perseroan berencana memasarkan produk bus listrik E-Inobus untuk area dalam negeri. Seperti PT Transjakarta dan bagi area luar negeri seperti Democratic Republik of the Congo (DRC) yang juga tertarik. Bahkan telah mencoba produk ini minggu lalu,” ungkap Budi dalam keterangan resmi.

 



Source link

Leave a Reply